Senin, 29 Oktober 2012

FINISH

Selesaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii .... setelah beberapa kali bimbingan dan bermumet ria, finish sudah. Seneng seperti lepas dari belenggu, andai kan bisa pengen lari disepanjang pasir menjemput lautku, bermain bersama sang ombak yang selalu setia menyambangi sang pantai .... Berbasah-basah ria di tengah laut .... Berteriak sekeras-kerasnya biar hilang semua beban yang selama ini ngendon di otak. Memandang sunset di ufuk barat hingga bulanku muncul dari peraduannya .... Ups ... Laporan penelitian kelar sudah!! Kepada semua pihak yang telah membantu penelitian ini di ucapkan terima kasih. Special tuk Ayah terima kasih tuk dukungan dan kesabarannya selama ini!!



LAPORAN 
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP)
MELALUI
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Peningkatan Pemahaman Ciri-Ciri Khusus Beberapa Hewan Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Siswa Kelas VI
SD Negeri 01 Botosari Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2012



Oleh

Enawati Dasa Saputri
NIM 816455757




UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) SEMARANG
POKJAR BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN
2012

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN


Nama                                                   : Enawati Dasa Saputri
NIM                                                    : 816455757
Program Studi                                     : S 1 PGSD
Tempat Mengajar                                : SD Negeri 01 Botosari, Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan
Jumlah Siklus Pembelajaran                : 2 Siklus
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            :
Siklus I
Pertemuan pertama, Sabtu, 6 Oktober 2012
                        Pertemuan Kedua, Senin, 8 Oktober 2012                                                                
                        Siklus II
Pertemuan pertama, Sabtu, 20 Oktober 2012
     Pertemuan kedua, Senin, 22 Oktober 2012

Masalah yang merupakan fokus perbaikan:
“Peningkatan Pemahaman Ciri-ciri Khusus Beberapa Hewan Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Botosari Kecamatan Paninggaran Kabupaten pekalongan Tahun 2012”



Pekalongan, 11 November 2012

Mengetahui,
Supervisor I,                                                    Mahasiswa,


Bara Akanta, S. Pd. M. Pd.                            Enawati Dasa Saputri
NIP 19650217 198608 1 001                         NIM 816455757

ABSTRAK


Enawati Dasa Saputri. 2012. Peningkatan Pemahaman Ciri-Ciri Khusus Beberapa Hewan Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Botosari Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2012.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bentuk-bentuk keputusan bersama yang masih rendah, selain itu juga mengamati partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga. SD Negeri 01 Botosari adalah salah satu sekolah dasar yang ada di daerah pegunungan dengan sarana dan prasarana yang terbatas sehingga sebagai guru dituntut untuk mengatasi segala kesulitan yang timbul dalam kegiatan pembelajaran yang diakibatkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana tersebut. IPA adalah salah satu mata pelajaran yang berisi pengetahuan yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, dengan memanfaatkan metode bermain sambil belajar dalam hal ini penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga, dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada tabel hasil analisis nilai  dari prasiklus hingga siklus II:
Prasiklus
Siklus I
Siklus II
Refleksi dari Kondisi Awal kekondisi Akhir
Tuntas            28%
Tidak tuntas   72%
Nilai rata-rata 59
Tuntas            67%
Tidak tuntas   33%
Nilai rata-rata 72
Tuntas            100%
Tidak tuntas     0%
Nilai rata-rata 81
Pemahaman peserta didik meningkat. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 59 meningkat menjadi 81 pada siklus II
Partisipasi aktif siswapun mengalami kenaikan yang menggembirakan hal ini dapat dilihat dalam diagram berikut ini:

Keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran berhasil, pada siklus I keterampilan guru hanya 87% sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 96%. Penelitian ini berhasil dengan baik sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.


KATA PENGANTAR


Alhamdulillah peneliti ucapkan atas rahmat dan karunia Allah SWT, sehinga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan tepat waktu. Dalam membuat laporan ini peneliti mendapatkan bantuan dari beberapa pihak. Untuk itu tak lupa peneliti mengucapkan terima kasih kepada:
1.             bapak Giyono, S. Pd. Selaku Kepala UPT Pendidikan dan Kebudayaan Paninggaran, Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan;
2.             bapak Taufik, S. Pd. Selaku pengawas TK/SD UPT Pendidikan dan Kebudayaan Paninggaran, Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan;
3.             bapak Bara Akanta, S. Pd. M. Pd. Selaku supervisor I;
4.             bapak Ahmad Zainudin, S. Pd. Atas kesediaannya menjadi Supervisor 2 dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini;
5.             ibu Eti Yoeniati, S. Pd. I. Yang telah bersedia menjadi observer  pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini;
6.             Rekan-rekan guru di SD Negeri 01 Botosari, atas kerjasamanya dalam Penelitian Tindakan Kelas ini;
Saran dan kritik dari rekan guru dan pembaca penelitian tindakan kelas ini senantiasa menjadi harapan peneliti. Semoga PTK ini bermanfaat bagi rekan-rekan guru dan pembaca.



Penulis





DAFTAR ISI


LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN ................................
i
ABSTRAK ..........................................................................................
ii
KATA PENGANTAR ........................................................................
iii
DAFTAR ISI ......................................................................................
iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................
vi
DAFTAR DIAGRAM .......................................................................
vii
DAFTAR GAMBAR .........................................................................
viii
DAFTAR LAMPIRAN ......................................................................
ix


BAB I PENDAHULUAN

A.
Latar Belakang Masalah
1
B.
Rumusan Masalah
4
C.
Tujuan Penelitian
5
D.
Manfaat Penelitian
5


BAB II KAJIAN PUSTAKA

A.
Kerangka Teori
7

1.
Hakikat Pembelajaran IPA
7

2.
Ciri-ciri Khusus Beberapa Hewan
9

3.
Media Pembelajaran
13

4.
Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga
20
B.
Hipotesis Tindakan
23
C.
Indikator Keberhasilan
23




BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A.
Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian
24

1.
Subjek Penelitian
24

2.
Tempat Penelitian
24

3.
Waktu Penelitian
25
B.
Desain Prosedur  Perbaikan Pembelajaran
26
C.
Teknik Pengumpulan Data
35
D.
Teknik Analisis Data
40


BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

A.
Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
42
B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
44



BAB V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT

A.
Simpulan
54
B.
Saran
54




DAFTAR PUSTAKA
56

















DAFTAR TABEL


Tabel 1       Jadwal kegiatan penelitian ....................................................      25
Tabel 2       Partisipasi aktif siswa ...........................................................       36
Tabel 3       Daftar pertanyaan untuk siswa .............................................      37
Tabel 4       Daftar pertanyaan untuk observer ........................................      38
Tabel 5       Lembar pengamatan guru            .....................................................      39
Tabel 6       Kriteria ketuntasan hasil belajar ...........................................       41
Tabel 7       Akumulasi Nilai Prasiklus ..................................................         45
Tabel 8       Partisipasi aktif siswa ..........................................................        46
Tabel 9       Akumulasi nilai Siklus I ......................................................        47
Tabel 10     Partisipasi aktif siswa ..........................................................        49
Tabel 11     Akumulasi Nilai Siklus II ....................................................       49
Tabel 12     Partisipasi Aktif Siswa ........................................................        50
Tabel 13     Partisipasi aktif siswa dari prasiklus sampai dengan siklus II      52
           














DAFTAR DIAGRAM


Diagram 1  Nilai rata-rata prasiklus sampai dengan siklus II .......................    52
Diagram 2  Partisipasi aktif siswadari prasiklus sampai dengan siklus II ....    53


























DAFTAR GAMBAR


Gambar 1   Gambar SDN 01 Botosari tampak depan            ..............................     25



























DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat
Lampiran 2
Kesediaan sebagai Supervisor
Lampiran 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Prasiklus
Lampiran 4
Refleksi Prasiklus
Lampiran 5
Daftar Nilai Formatif Prasiklus
Lampiran 6
Lembar Pengamatan Keaktifan Siswa Prasiklus
Lampiran 7
Daftar Nilai Kelompok Prasiklus
Lampiran 8
Akumulasi Nilai Prasiklus
Lampiran 9
Nilai Tertinggi Siswa Prasiklus
Lampiran 10
Nilai Terendah Siswa Prasiklus
Lampiran 11
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 12
Refleksi Siklus I
Lampiran 13
Daftar Nilai Formatif Siklus I
Lampiran 14
Lembar Pengamatan Keaktifan Siswa Siklus I
Lampiran 15
Daftar Nilai Kelompok Siklus I
Lampiran 16
Akumulasi Nilai Siklus I
Lampiran 17
Nilai Tertinggi Siswa Siklus I
Lampiran 18
Nilai Terendah Siswa Siklus I
Lampiran 19
Foto Kegiatan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 20
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 21
Daftar Nilai Formatif Siklus II
Lampiran 22
Lembar Pengamatan Keaktifan Siswa Siklus II
Lampiran 23
Daftar Nilai Kelompok Siklus II
Lampiran 24
Akumulasi Nilai Siklus II
Lampiran 25
Nilai Tertinggi Siswa Siklus II
Lampiran 26
Nilai Terendah Siswa Siklus II
Lampiran 27
Foto Kegiatan Pembelajaran Siklus II