SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN 01 Linggo
Mata
Pelajaran : Pertanian
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai macam alat pertanian
dan cara menggunakannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Mengidentifikasi
berbagai macam alat pertanian yang ada dilingkungan sekitar
|
Alat
Pertanian
|
F
Menyebutkan
macam-macam alat pertanian tradisional
F
memberikan
contoh alat pertanian modern yang ada di lingkungan sekitar
F
membandingkan
jenis-jenis alat pertanian tradisional dan modern
|
@
mencari
informasi tentang macam-macam alat pertanian
@
Diskusi
kelompok tentang jenis-jenis alat pertanian tradisional dan modern
@
mencatat
hasil diskusi
@
melaporkan
hasil diskusi
@
membuat
kesimpulan dari hasil diskusi
@
membuat
daftar alat pertanian tradisional dan modern
@
membandingkan
alat pertanian dari yang paling tradisional sampai yang paling modern
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
alat pertanian tradisional yang kamu ketahui?
2.
Sebutkan
alat pertanian modern yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar?
3.
Apa
perbedaan membajak sawah dengan traktor dan membajak sawah dengan kerbau?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
berbagai alat pertanian
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Sumber
lainnya yang relevan
|
1.2.
Menjelaskan
cara menggunakan berbagai alat pertanian dalam kehidupan sehari-hari
|
Cara
Menggunakan Alat Pertanian
|
F
Menunjukkan
cara-cara menggunakan alat pertanian tradisional
F
Menjelaskan
cara menggunakan alat pertanian modern
F
Menjelaskan
perbedaan alat pertanian tradisional dan alat pertanian modern
F
Menceritakan
pengalaman menggunakan alat pertanian
|
@
Siswa
mengumpulkan informasi tentang penggunaan alat pertanian tradisional dan
modern yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar
@
Siswa
mendiskusikan tentang perbedaan alat pertanian tradisional dan modern
@
Siswa
memberikan contoh cara menggunakan alat pertanian yang mereka ketahui
@
Siswa
melakukan observasi tentang cara menggunakan alat pertanian
@
Siswa
menyusun cerita tentang cara menggunakan alat pertanian yang biasa digunakan
masyarakat sekitar
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1. Jelaskan cara menggunakan cangkul?
2. Apakah perbedaan alat pertanian
tradisional dan modern?
3. Sebutkan alat pertanian yang pernah
kalian gunakan? Jelaskan cara menggunakannya?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
berbagai alat pertanian
Ä Contoh
alat pertanian
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/sumber
yang relevan
|
Standar
Kompetensi : 2. Memahami hubungan peristiwa alam (banjir, tanah longsor,
letusan gunung berapi, dll) terhadap kesuburan tanah
|
||||||||
2.1.
Mengenal macam-macam perintiwa alam yang dapat merusak lingkungan sekitar
|
Hubungan
Peristiwa Alam Terhadap Kesuburan Tanah
|
F
Menyebutkan
macam-macam peristiwa alam yang terjadi
F
Mengidentifikasi
pola perilaku anggota masyarakat yang dapat mneyebabkan peistiwa alam
F
Membuat
daftar dampak dari peristiwa alam terhadap lingkungan
|
@
Siswa
menyebutkan beberapa contoh bencana alam yang terjadi di Indonesia
@
Siswa
memberikan contoh perilaku manusia yang bisa menyebabkan bencana
@
Siswa
membuat kliping tentang bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia
@
Siswa
membuat kesimpulan tentang akibat dari bencana alam terhadap lingkungan
sekitar
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
bencana alam yang kalian ketahui?
2.
Mengapa
menebang hutan sembarangan dapat menyebabkan tanah longsor?
3.
Coba
bayangkan seandainya di lingkungan tempat tinggalmu tidak ada pohon?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
akibat bencana alam
Ä Peta
Indonesia
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/sumber
yang relevan
|
2.2.
Menjelaskan hubungan peristiwa alam terhadap kesuburan tanah
|
Manfaat
Tumbuhan
|
F
Menunjukkan
bagian-bagian tanah
F
Mengidentifikasi
komponen-komponen tanah
F
Mengelompokkan
macam-macam tanah berdasarkan tingkat kesuburannya
F
Menjelaskan
fungsi tanah
F
Mendeskripsikan
hubungan peristiwa alam terhadap kesuburan tanah
|
@
Mengamati
gambar bagian-bagian tanah
@
Mencari
informasi tentang komponen-komponen yang terdapat dalam tanah
@
Diskusi
tentang pengelompokkan tanah berdasarkan kesuburannya
@
Melaporkan
hasil diskusi
@
Mencari
informasi tentang fungsi tanah
@
Diskusi
tentang hubungan peristiwa alam yang terjadi terhadap tingkat kesuburan tanah
@
Presentasi
hasil diskusi
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
macam-macam tanah berdasarkan tingkat kesuburannya?
2.
Jelaskan
ciri-ciri tanah yang subur?
3.
Apakah
fungsi tanah?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
bagian-bagian tanah
Ä Gambar
komponen-komponen tanah
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/sumber
yang relevan
|
Mengetahui
Kepala
SDN 01 Linggo,
Wasiyo,
S. Ag.
NIP
19581111 197912 1 006
|
|
Linggoasri,
2 Januari 2012
Guru
Kelas IV
Enawati
Dasa Saputri
NIP
19800423 200701 2 007
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN 01 Linggo
Mata
Pelajaran : Pertanian
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mengenal berbagai jenis tanaman
pekarangan dan cara budidayanya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1.
Mengenal
berbagai jenis tanaman yang biasanya ditanam di pekarangan
|
Tanaman
Pekarangan Rumah
|
F
Menyebutkan
jenis-jenis tanaman yang biasanya di tanam di pekarangan rumah
F
Menjelaskan
ciri-ciri tanaman yang biasanya di tanam di pekarangan
F
Mengelompokkan
tanaman pekarangan sesuai dengan jenisnya
F
Membuat
daftar tanaman pekarangan sesuai dengan jenisnya
|
@ Siswa mencari data tentang
jenis-jenis tanaman yang biasanya di tanam di pekarangan
@ Diskusi tentang pengelompokkan
tanaman pekarangan sesuai dengan jenisnya
@ Presentasi hasil diskusi
@ Membuat kesimpulan dari hasil
diskusi
@ Siswa menyusun daftar tanaman
tanamaan pekarangan sesuai dengan jenisnya
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
jenis-jenis tanaman yang biasanya di tanam di pekarangan?
2.
Sebutkan
tanaman yang biasanya digunakan untuk penyedap rasa masakan?
3.
Aku
adalah sayuran, warnaku bisa hijau atau merah, rasaku pedas, siapakah aku?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
beberapa jenis tanaman pekarangan
Ä Contoh
tanaman pekarangan
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/sumber
yang relevan
|
3.2.
Menjelaskan
pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman
|
Jenis
Tanaman Pekarangan/ Kebun
|
F
Mengidentifikasi
macam-macam tanaman yang bisa ditanam di pekarangan
F
Menyebutkan
manfaat menanam di pekarangan rumah
F
Menjelaskan
pentingnya menanam di pekarangan rumah
|
@
Siswa
mengidentifikasi macam-macam tanaman yang bisa ditanam di pekarangan rumah
@
Siswa
melakukan diskusi kelompok tentang manfaat menanam di pekarangan rumah
@
mencatat
hasil diskusi
@
melaporkan
hasil diskusi
@
membuat
kesimpulan dari hasil diskusi
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
manfaat menanam tanaman di pekarangan rumah?
2.
Tanaman
apa saja yang bisa di tanam di pekarangan rumah?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
beberapa jenis tanaman pekarangan
Ä Contoh
tanaman pekarangan
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/
sumber yang relevan
|
3.3.
Mengenal cara budidaya tanaman di pekarangan rumah
|
Budidaya
Tanaman
|
F
Menjelaskan
cara budidaya tanaman di pekarangan rumah
F
Menyebutkan
macam-macam hama dan penyakit tanaman yang bisa menyerang bagian-bagian
tanaman
F
Menjelaskan
cara mencegah hama/penyakit tanaman
F
Menunjukkan
cara-cara menanam tanaman yang baik
|
@
Siswa
menyebutkan macam-macam hama dan penyakit tanaman
@
Siswa
menjelaskan hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
@
Siswa
menyusun daftar hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian
tanaman
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Jelaskan
cara budidaya tanaman di pekarangan rumah?
2.
Sebutkan
hama tanaman yang dapat menyerang daun pada tanaman?
3.
Bagaimana
cara untuk mencegah hama/penyakit tanaman?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
beberapa jenis tanaman pekarangan
Ä Contoh
tanaman pekarangan
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/
sumber yang relevan
|
Standar
Kompetensi: 4. Menggolongkan jenis-jenis tanaman berdasarkan fungsinya
|
||||||||
4.1. Mengidentifikasi jenis-jenis
tanaman yang ada di lingkungan sekitar
|
Jenis-jenis
Tanaman di Lingkungan Sekitar
|
@ Menyebutkan macam-macam tanaman yang
ada di lingkungan sekitar
@ Memberikan contoh tanaman yang bisa
dimanfaatkan kayunya dan tanaman yang diambil buahnya
@ Membuat daftar bagian-bagian tanaman
yang bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya
|
@ Siswa mencari informasi macam-macam
tanaman yang ada di lingkungan sekitar
@ Melakukan diskusi kelompok tentang
bagian-bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh makhuk hidup lainnya
@ Mencatat hasil diskusi
@ Melaporkan hasil diskusi
@ Membuat kesimpulan berdasarkan hasil
diskusi
@ Membuat daftar bagian-bagian tanaman
yang bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
bagian-bagian tanaman karet yang bisa dimanfaatkan?
2.
Sebutkan
jenis tanaman yang termasuk bumbu dapur?
3.
Apa
sajakah kegunaan kayu?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
beberapa jenis tanaman
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/
sumber yang relevan
|
4.2. Menggolongkan jenis-jenis
tanaman berdasarkan fungsinya
|
Jenis
Tanaman dan Manfaatnya
|
F
Menyebutkan
jenis-jenis tanaman berdasarkan fungsinya
F
Menjelaskan
fungsi tanaman
|
@
Siswa
mencari informasi jenis-jenis tanaman berdasarkan fungsinya
@
Melakukan
diskusi kelompok tentang jenis-jenis tanaman berdasarkan fungsinya
@ Mencatat hasil diskusi
@ Melaporkan hasil diskusi
@ Membuat kesimpulan berdasarkan hasil
diskusi
|
Tugas, Individu, Kelompok
|
PG, Isian,
uraian, Lembar observasi
|
1.
Sebutkan
jenis-jenis tumbuhan berdasarkan fungsinya?
2.
Apakah
fungsi dari tanaman?
|
18
jp x 35 menit
|
Ä Gambar
beberapa jenis tanaman
Ä Koran
Ä Majalah
Ä Buku/
sumber yang relevan
|
Mengetahui
Kepala
SDN 01 Linggo,
Wasiyo,
S. Ag.
NIP
19581111 197912 1 006
|
|
Linggoasri,
2 Januari 2012
Guru
Kelas IV
Enawati Dasa Saputri
NIP 19800423 200701 2 007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar