SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN | |||||||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | ||||||||||
Kelas/Semester | : V (Lima) / 2 (Dua) | ||||||||||
Standar Kompetensi | : 1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama dan ungkapan teman tentang kegemaran | ||||||||||
MENDENGARKAN | |||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/ bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
1.1. | Mendengarkan ungkapan teman tentang peristiwa | Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan kepada orang lain | ! | Siswa mendengarkan ungkapan tentang suatu peristiwa | ! | Mencatat isi peristiwa | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Catatlah sebuah peristiwa yang pernah kamu alami? | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mencatat isi peristiwa | ! | Menyimpulkan isi peristiwa | ||||||||
! | Siswa menyimpulkan isi peristiwa | ! | Menanggapi ungkapan tentang suatu peristiwa menggunakan bahasa sendiri dan santun berbahasa | Apa pendapat kalian terhadap peristiwa tersebut! | |||||||
! | Siswa menanggapi ungkapan tentang suatu peristiwa menggunakan bahasa sendiri dan santun berbahasa | ||||||||||
1.2. | Mengapresiasikan cerita anak | Cerita anak | ! | Siswa mendengarkan cerita anak | ! | Mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita anak | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Sebutkan tokoh-tokoh cerita anak yang kalian baca! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita anak | ! | menjelaskan sifat-sifat tokoh cerita anak | ||||||||
! | Siswa menjelaskan sifat-sifat tokoh cerita anak | ! | Menentukan isi cerita anak | ||||||||
! | Siswa menentukan isi cerita anak | ! | Menceritakan kembali menggunakan bahasa sendiri | ||||||||
! | Siswa menceritakan kembali menggunakan bahasa sendiri | ||||||||||
1.3. | Mengapresiasikan macapat atau geguritan | Tembang “Maskumambang” | ! | Siswa mempelajari tembang macapat | ! | Mempelajari tembang macapat | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Sebutkan tembang macapat ang kalian ketahui! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa menyebutkan beberapa tembang macapat | ! | Menyebutkan eberapa tembang macapat | ||||||||
! | Siswa menyanyikan tembang macapat (maskumambang) | ! | Menyadur isi tembang dengan bahasa sehari-hari | ||||||||
! | Siswa menyadur isi tembang dengan bahasa sehari-hari | ||||||||||
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN | |||||||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | ||||||||||
Kelas/Semester | : V (Lima) / 2 (Dua) | ||||||||||
Standar Kompetensi | : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu | ||||||||||
BERBICARA | |||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/ bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
2.1. | Mendiskripsikan benda atau alat secara rinci dengan bahasa yang komunikatif dan kata-kata yang tepat | Deskripsi benda atau alat | ! | Siswa menyebutkan ciri-ciri benda yang telah diamati | ! | Mencatat kegunaan benda secara rinci dengan bahasa yang komunikatif dan kata-kata yang tepat | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Sebutkan ciir-ciri benda yang ada di kelasmu! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mencatat kegunaan benda secara rinci dengan bahasa yang komunikatif dan kata-kata yang tepat | ||||||||||
2.2. | Menanggapi persoalan faktual | Berita faktual | ! | Siswa mendata persoalan faktual yang terjadi | ! | Mendata persoalan faktual yang terjadi | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Ceritakan persoalan faktual yang pernah kalian dengar! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan | ! | Mengidentifikasi pokok-pokok persoalam | ||||||||
! | Siswa mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan topik persoalan yang sedang dibicarakan | ! | Menyimpulkan pokok persoalan | ||||||||
! | Siswa menyimpulkan pokok persoalan | ||||||||||
2.3. | Memerankan drama pendek atau bagian drama yang sesuai dengan anak | Drama | ! | Siswa membaca dialog teks drama | ! | Menentukan tokoh-tokoh pemeran | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Bermain peran! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa menentukan tokoh-tokoh pemeran | ! | Memerankan drama dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh | ||||||||
! | Siswa memerankan drama dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh | ! | Menyimpulkan isi drama | ||||||||
! | Siswa menyimpulkan isi drama | ||||||||||
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN | |||||||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | ||||||||||
Kelas/Semester | : V (Lima) / 2 (Dua) | ||||||||||
Standar Kompetensi | : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat dan membaca huruf jawa | ||||||||||
MEMBACA | |||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/ bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
3.1. | Membaca indah | Geguritan | ! | Siswa membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat | ! | Mempelajari isi bacaan | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Catatlah kata-kata sukar dari bacaan yang kalian baca! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siwa mempelajari isi bacaan | ! | Mencatat kata-kata sukar | ||||||||
! | Siswa mencatat kata-kata sukar | ! | Mengartikan kata-kata sukar | ||||||||
! | Siswa mengartikan kata-kata sukar | ! | Membaca indah | ||||||||
! | Siswa membaca indah | ||||||||||
3.2. | Membaca huruf jawa | Huruf jawa | ! | Siswa mempelajari huruf jawa | ! | Mempelajari huruf jawa | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Tulislah menggunakan huruf jawa! "Siti lunga pasar" | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mengenal sandhangan aksara jawa (wulu, suku, pepet, taling dsb) | ! | Mengidentifikasi sandhangan aksara jawa | ||||||||
! | Siswa membaca tulisan jawa | ! | Menyalin huruf jawa ke dalam huruf latin | ||||||||
! | Siswa menyalin huruf jawa kedalam huruf latin | ||||||||||
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN | |||||||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | ||||||||||
Kelas/Semester | : V (Lima) / 2 (Dua) | ||||||||||
Standar Kompetensi | : 4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa | ||||||||||
MENULIS | |||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/ bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
4.1. | Menulis laporan hasil pelaksanaan tugas tertentu (eksposisi) | Menulis laporan | ! | siswa menentukan obyek pengamatan | ! | menentukan obyek pengamatan | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Membuat laporan pengamatan! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | siswa menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati | ! | menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati | ||||||||
! | siswa menjelaskan secara rinci hasil pengamatan | ! | menjelaskan hasil pengamatan | ||||||||
! | siswa menuliskan laporan hasil pelaksanaan dengan bahasa yang komunikatif | ! | menuliskan laporan hasil pelaksanaan dengan bahasa yang komunikatif | ||||||||
4.2. | Menulis dialog percakapan | Kalimat langsung | ! | siswa menuliskan laporan hasil pelaksanaan dengan bahasa yang komunikatif | ! | Menyusun dialog | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Buatlah sebuah dialog! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa mempelajari teks dialog | ! | Melengkapi dialog yang belum selesai | ||||||||
! | Siswa menyusun dialog | ! | Menulis dialog dengan tanda baca yang benar | ||||||||
! | Siswa melengkapi dialog yang belum selesai | ! | Membuat dialog dengan menggunakan bahasa sendiri | ||||||||
! | Siswa menulis dialog dengan tanda baca yang benar | ||||||||||
! | Siswa membuat dialog dengan menggunakan bahasa sendiri | ||||||||||
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN | |||||||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | ||||||||||
Kelas/Semester | : V (Lima) / 2 (Dua) | ||||||||||
Standar Kompetensi | : 5. Mampu mengapresiasikan susastra jawa | ||||||||||
APRESIASI SASTRA | |||||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber/ bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
5.1. | Mengapresiasikan cerita anak | Cerita anak | ! | Siswa mempelajari cerita anak | ! | Mencatat tokoh-tokoh cerita anak | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Sebutkan tokoh-tokoh cerita anak yang kalian baca! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita anak | ! | mengidentifikasi watak tokoh-tokoh cerita anak | ||||||||
! | Siswa mengidentifikasi watak tokoh-tokoh dalam cerita anak | ! | menentukan isi cerita anak | ||||||||
! | Siswa menentukan isi cerita anak | ! | |||||||||
5.4. | Mengapresiasikan tembang macapat | Tembang macapat | ! | Siswa mengetahui maksud dan isi tembang | ! | Mengidentifikasi isi tembang | Tugas, Individu, Kelompok | PG, Isian, Uraian, Lembar observasi | Menyanyikan tembang macapat! | Buku yang relevan, internet, koran, majalah | |
! | Siswa menyanyikan tembang macapat | ! | Menyadur tembang dengan bahasa sehari-hari | ||||||||
! | Siswa menyadur tembang dengan bahasa sehari-hari | ||||||||||
Mengetahui, | Windurojo, 3 Januari 2017 | ||||||||||
Kepala Sekolah | Guru Kelas V | ||||||||||
Karmidi, S. Pd. I. | Enawati Dasa Saputri | ||||||||||
NIP 19630809 198405 1 001 | NIP 19800423 200701 2 007 |
Senin, 16 Januari 2017
SILABUS BAHASA JAWA KELAS 5 SEMESTER 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar