Rabu, 26 Desember 2012

SILABUS PERTANIAN KELAS III


SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah            : SDN 01 Linggo
Mata Pelajaran            : Pertanian
Kelas/Program            : III / SEKOLAH DASAR
Semester                    : 1 (satu)
Standar Kompetensi   : 1. Memahami jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1.  Mengidentifikasi jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam
Tanah

ü Menjelaskan pengertian tanah
ü Menyebutkan jenis-jenis tanah
ü Membuat daftar jenis-jenis tanah
ü Menjelaskan jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam
ü Siswa menjelaskan  tentang pengertian tanah
ü Siswa melakukan diskusi kelompok tentang jenis-jenis tanah
ü Siswa menyusun daftar jenis-jenis tanah
ü Siswa menjelaskan jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam




§  
1.2.  Menyebutkan ciri-ciri tanah yang subur untuk bercocok tanam
Ciri-ciri Tanah yang Subur

ü Menjelaskan ciri-ciri berbagai jenis tanah  
ü mengidentifikasi kandungan zat yang terdapat dalam tanah
ü Menyebutkan ciri-ciri tanah yang subur untuk bercocok tanam
ü Menyebutkan usaha-usaha untuk melestarikan kesuburan tanah
ü Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri berbagai jenis tanah
ü Siswa melakukan diskusi kelompok tentang kandungan zat yang terdapat dalam tanah
ü Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tanah yang subur untuk bercocok tanam
ü Siswa menyebutkan usaha-usaha untuk melestarikan kesuburan tanah




§  
1.3.  Menjelaskan hubungan antara jenis-jenis tanah dengan kesuburan tanaman
Hubungan Antara Jenis-jenis Tanah dengan Kesuburan Tanaman
ü Menjelaskan perlunya kandungan zat dalam tanah untuk kesuburan tanaman
ü Menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan tanaman
ü Mengidentifikasi hubungan antara jenis-jenis tanah dengan kesuburan tanaman
ü Siswa menjelaskan perlunya kandungan zat dalam tanah untuk kesuburan tanaman
ü Siswa mencari beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan tanaman
ü Siswa melakukan diskusi kelompok tentang hubungan antara kandungan zat dalam tanah untuk kesuburan tanaman
ü Menyimpulkan hasil diskusi




§  
Standar Kompetensi : 2. Menggolongkan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
2.1. Mengidentifikasi berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
Jenis-jenis Tumbuhan
ü Menyebutkan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Menjelaskan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Menyusun daftar berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya

ü Siswa menyebutkan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Siswa Menjelaskan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Siswa melakukan diskusi kelompok tentang berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Siswa menyusun daftar berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya




§  
2.2. Menjelaskan manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
Manfaat Tumbuhan
ü Menyebutkan manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Menjelaskan manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Membuat kliping berbagai tumbuhan dengan manfaatnya

ü Siswa melakukan diskusi kelompok tentang manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Menyimpulkan hasil diskusi
ü Siswa menjelaskan manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Siswa membuat kliping berbagai tumbuhan dengan manfaatnya







§  
Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan macam-macam alat pertanian dan kegunaannya
3.1. Mengidentifikasi macam-macam alat pertanian tradisional dan modern
Alat Pertanian
ü Menyebutkan macam-macam alat pertanian tradisional
ü Menyebutkan macam-macam alat pertanian modern
ü Menjelaskan perbedaan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern
ü Menyusun daftar kelemahan dan kelebihan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern

ü Siswa menyebutkan macam-macam alat pertanian tradisional
ü Siswa menyebutkan macam-macam alat pertanian modern
ü Siswa melakukan diskusi tentang perbedaan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern
ü Siswa menyimpulkan hasil diskusi
ü Siswa menyusun daftar kelemahan dan kelebihan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern




§  
3.2  Menjelaskan fungsi alat pertanian
Fungsi Alat Pertanian
ü Menjelaskan fungsi alat pertanian
ü Membuat daftar fungsi alat pertanian
ü Siswa mencari fungsi alat pertanian
ü Siswa melakukan diskusi tentang fungsi alat pertanian
ü Siswa membuat daftar fungsi alat pertanian




§  
3.3 Memilih alat pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Mengidentifikasi alat pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Membuat kliping alat pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Siswa menyebutkan alat pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Siswa melakukan diskusi tentang alat pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Siswa membuat kliping alat pertanian sesuai dengan fungsinya




§  



SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah            : SDN 01 Linggo
Mata Pelajaran            : Pertanian
Kelas/Program            : III / SEKOLAH DASAR
Semester                    : 2 (dua)
Standar Kompetensi   : 4. Memahami cara budidaya tanaman di pekarangan/kebun
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1   Menjelaskan cara budidaya tanaman di pekarangan/kebun
Budidaya Tanaman
ü Menyebutkan cara membuat persemaian
ü Menjelaskan cara memilih bibit tanaman yang baik
ü Mempraktekkan cara menanam tanaman
ü Siswa mencari data tentang cara membuat persemaian
ü Diskusi tentang cara memilih bibit tanaman yang baik
ü Siswa menyusun daftar tanaman yang akan ditanam
ü Siswa mempraktekkan cara menanam tanaman di pekarangan




§  
4.2   Mengidentifikasi macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
Jenis Tanaman Pekarangan/Kebun
ü Menyebutkan macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
ü  Menyusun daftar  tanaman yang ditanam di pekarangan
ü Siswa melakukan diskusi tentang macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
ü Siswa menyusun daftar macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
ü Siswa membuat kliping tanaman pekarangan/kebun




§  
Standar Kompetensi : 5. Menggolongkan hama dan penyakit tanaman serta cara pencegahannya
5.1. Mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman

Hama dan Penyakit Tanaman
ü Menyebutkan macam-macam hama dan penyakit tanaman
ü Menjelaskan hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
ü Menyusun daftar hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
ü Siswa menyebutkan macam-macam hama dan penyakit tanaman
ü Siswa menjelaskan hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
ü Siswa menyusun daftar hama dan penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman




§  
5.2. Menjelaskan cara mencegah hama dan penyakit tanaman
Cara Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman
ü Menyebutkan cara mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Menentukan obat tanaman yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Menyusun daftar obat tanaman yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Siswa menyebutkan cara mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menentukan obat tanaman yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Siswa menyimpulkan hasil diskusi
ü Siswa menyusun daftar obat tanaman yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman




§  


Mengetahui
Kepala SDN 01 Linggo,



Wasiyo, S. Ag.
NIP 19581111 197912 1 006

Linggoasri, 16 Juni 2012
Guru Kelas III



Enawati Dasa Saputri
NIP 19800423 200701 2 007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar