SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN 01 Linggo
Mata
Pelajaran : Pertanian
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami jenis-jenis tanah yang baik untuk
bercocok tanam
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam
|
Tanah
|
ü Menjelaskan pengertian tanah
ü Menyebutkan jenis-jenis tanah
ü Membuat daftar jenis-jenis tanah
ü Menjelaskan jenis-jenis tanah yang
baik untuk bercocok tanam
|
ü
Siswa
menjelaskan tentang pengertian tanah
ü Siswa melakukan diskusi kelompok
tentang jenis-jenis tanah
ü Siswa menyusun daftar jenis-jenis
tanah
ü
Siswa
menjelaskan jenis-jenis tanah yang baik untuk bercocok tanam
|
|
|
|
|
§
|
1.2.
Menyebutkan
ciri-ciri tanah yang subur untuk bercocok tanam
|
Ciri-ciri
Tanah yang Subur
|
ü Menjelaskan ciri-ciri berbagai jenis
tanah
ü mengidentifikasi kandungan zat yang
terdapat dalam tanah
ü Menyebutkan ciri-ciri tanah yang
subur untuk bercocok tanam
ü Menyebutkan usaha-usaha untuk
melestarikan kesuburan tanah
|
ü
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri berbagai jenis tanah
ü
Siswa
melakukan diskusi kelompok tentang kandungan zat yang terdapat dalam tanah
ü
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri tanah yang subur untuk bercocok tanam
ü
Siswa
menyebutkan usaha-usaha untuk melestarikan kesuburan tanah
|
|
|
|
|
§
|
1.3.
Menjelaskan
hubungan antara jenis-jenis tanah dengan kesuburan tanaman
|
Hubungan
Antara Jenis-jenis Tanah dengan Kesuburan Tanaman
|
ü Menjelaskan perlunya kandungan zat
dalam tanah untuk kesuburan tanaman
ü Menyebutkan beberapa faktor yang
mempengaruhi kesuburan tanaman
ü Mengidentifikasi hubungan antara jenis-jenis
tanah dengan kesuburan tanaman
|
ü
Siswa
menjelaskan perlunya kandungan zat dalam tanah untuk kesuburan tanaman
ü
Siswa
mencari beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan tanaman
ü
Siswa
melakukan diskusi kelompok tentang hubungan antara kandungan zat dalam tanah
untuk kesuburan tanaman
ü
Menyimpulkan
hasil diskusi
|
|
|
|
|
§
|
Standar
Kompetensi : 2. Menggolongkan berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
|
||||||||
2.1.
Mengidentifikasi berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
|
Jenis-jenis
Tumbuhan
|
ü Menyebutkan berbagai tumbuhan
berdasarkan jenisnya
ü Menjelaskan berbagai tumbuhan
berdasarkan jenisnya
ü Menyusun daftar berbagai tumbuhan
berdasarkan jenisnya
|
ü Siswa menyebutkan berbagai tumbuhan
berdasarkan jenisnya
ü Siswa Menjelaskan berbagai tumbuhan
berdasarkan jenisnya
ü Siswa melakukan diskusi kelompok
tentang berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Siswa menyusun daftar berbagai
tumbuhan berdasarkan jenisnya
|
|
|
|
|
§
|
2.2. Menjelaskan
manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
|
Manfaat
Tumbuhan
|
ü Menyebutkan manfaat berbagai
tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Menjelaskan manfaat berbagai
tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü Membuat kliping berbagai tumbuhan
dengan manfaatnya
|
ü Siswa melakukan diskusi kelompok
tentang manfaat berbagai tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü
Menyimpulkan
hasil diskusi
ü Siswa menjelaskan manfaat berbagai
tumbuhan berdasarkan jenisnya
ü
Siswa
membuat kliping berbagai tumbuhan dengan manfaatnya
|
|
|
|
|
§
|
Standar Kompetensi : 3.
Menggolongkan macam-macam alat pertanian dan kegunaannya
|
||||||||
3.1.
Mengidentifikasi macam-macam alat pertanian tradisional dan modern
|
Alat
Pertanian
|
ü Menyebutkan macam-macam alat
pertanian tradisional
ü Menyebutkan macam-macam alat
pertanian modern
ü Menjelaskan perbedaan alat pertanian
tradisional dengan alat pertanian modern
ü Menyusun daftar kelemahan dan
kelebihan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern
|
ü Siswa menyebutkan macam-macam alat
pertanian tradisional
ü Siswa menyebutkan macam-macam alat
pertanian modern
ü Siswa melakukan diskusi tentang perbedaan
alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern
ü Siswa menyimpulkan hasil diskusi
ü Siswa menyusun daftar kelemahan dan
kelebihan alat pertanian tradisional dengan alat pertanian modern
|
|
|
|
|
§
|
3.2 Menjelaskan fungsi alat pertanian
|
Fungsi
Alat Pertanian
|
ü Menjelaskan fungsi alat pertanian
ü Membuat daftar fungsi alat pertanian
|
ü Siswa mencari fungsi alat pertanian
ü Siswa melakukan diskusi tentang
fungsi alat pertanian
ü Siswa membuat daftar fungsi alat
pertanian
|
|
|
|
|
§
|
3.3
Memilih alat pertanian sesuai dengan fungsinya
|
ü Mengidentifikasi alat pertanian
sesuai dengan fungsinya
ü Membuat kliping alat pertanian
sesuai dengan fungsinya
|
ü Siswa menyebutkan alat pertanian
sesuai dengan fungsinya
ü Siswa melakukan diskusi tentang alat
pertanian sesuai dengan fungsinya
ü Siswa membuat kliping alat pertanian
sesuai dengan fungsinya
|
|
|
|
|
§
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SDN 01 Linggo
Mata
Pelajaran : Pertanian
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami cara budidaya tanaman di
pekarangan/kebun
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1
Menjelaskan
cara budidaya tanaman di pekarangan/kebun
|
Budidaya
Tanaman
|
ü Menyebutkan cara membuat persemaian
ü Menjelaskan cara memilih bibit
tanaman yang baik
ü Mempraktekkan cara menanam tanaman
|
ü Siswa mencari data tentang cara
membuat persemaian
ü Diskusi tentang cara memilih bibit
tanaman yang baik
ü Siswa menyusun daftar tanaman yang
akan ditanam
ü Siswa mempraktekkan cara menanam
tanaman di pekarangan
|
|
|
|
|
§
|
4.2
Mengidentifikasi
macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
|
Jenis
Tanaman Pekarangan/Kebun
|
ü Menyebutkan macam-macam tanaman yang
ditanam di pekarangan/kebun
ü Menyusun daftar tanaman yang ditanam di pekarangan
|
ü Siswa melakukan diskusi tentang
macam-macam tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
ü Siswa menyusun daftar macam-macam
tanaman yang ditanam di pekarangan/kebun
ü Siswa membuat kliping tanaman
pekarangan/kebun
|
|
|
|
|
§
|
Standar
Kompetensi : 5. Menggolongkan hama dan penyakit tanaman serta cara
pencegahannya
|
||||||||
5.1.
Mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman
|
Hama
dan Penyakit Tanaman
|
ü Menyebutkan macam-macam hama dan
penyakit tanaman
ü Menjelaskan hama dan penyakit
tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
ü Menyusun daftar hama dan penyakit
tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
|
ü Siswa menyebutkan macam-macam hama
dan penyakit tanaman
ü Siswa menjelaskan hama dan penyakit tanaman
yang menyerang bagian-bagian tanaman
ü Siswa menyusun daftar hama dan
penyakit tanaman yang menyerang bagian-bagian tanaman
|
|
|
|
|
§
|
5.2. Menjelaskan
cara mencegah hama dan penyakit tanaman
|
Cara
Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman
|
ü Menyebutkan cara mencegah hama dan
penyakit tanaman
ü Menentukan obat tanaman yang
digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
ü Menyusun daftar obat tanaman yang
digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
|
ü Siswa menyebutkan cara mencegah hama
dan penyakit tanaman
ü Siswa melakukan diskusi kelompok
untuk menentukan obat tanaman yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit
tanaman
ü Siswa menyimpulkan hasil diskusi
ü Siswa menyusun daftar obat tanaman
yang digunakan untuk mencegah hama dan penyakit tanaman
|
|
|
|
|
§
|
Mengetahui
Kepala
SDN 01 Linggo,
Wasiyo,
S. Ag.
NIP
19581111 197912 1 006
|
|
Linggoasri,
16 Juni 2012
Guru
Kelas III
Enawati Dasa Saputri
NIP 19800423 200701 2 007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar