KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Kewarganegaraan | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
3.1. | Mendeskripsikan | Organsasi | F | Menjelaskan pengertian organisasi | Pilihan ganda | 1 | ||
pengertian organisasi | F | Menjelaskan tujuan berorganisasi | Pilihan ganda | 3 | ||||
F | Menjelaskan pentingnya berorganisasi | Isian | 13 | |||||
F | Menyebutkan ciri-ciri organisasi | Uraian | 17 | |||||
3.2 | Menyebutkan contoh | Organisasi di | F | Menyebutkan organisasi yang ada di lingkungan | Isian | 12 | ||
organisasi di sekolah dan | lingkungan sekolah | sekolah | ||||||
di masyarakat | dan masyarakat | F | Menyebutkan organisasi yang ada di lingkungan | Isian | 15 | |||
masyarakat | ||||||||
F | Membuat daftar organisasi yang ada di lingkungan | Pilihan ganda | 2 | |||||
sekolah | ||||||||
F | Membuat daftar organisasi yang ada di lingkungan | Uraian | 18 | |||||
masyarakat | ||||||||
F | Membuat struktur organisasi yang ada di sekolah | Uraian | 16 | |||||
F | Membuat struktur organisasi yang ada di masyarakat | Pilihan ganda | 4 | |||||
F | Menyebutkan pengurus organisasi | Uraian | 20 | |||||
F | Menyebutkan tugas dari ketua organisasi | Pilihan ganda | 7 | |||||
F | Menyebutkan tugas dari sekertaris organisasi | Pilihan ganda | 6 | |||||
F | Menyebutkan tugas dari bendahara organisasi | Isian | 11 | |||||
F | Mengidentifikasi anggota sebuah organisasi sekolah | Pilihan ganda | 8 | |||||
F | Menyebutkan dasar hukum sebuah organisasi | Pilihan ganda | 5 | |||||
3.3 | Menampilkan peran serta | Pemilihan pengurus | F | Menjelaskan tata cara pemilihan pengurus kelas | Isian | 14 | ||
dalam pemilihan organisasi | organisasi sekolah | F | Menjelaskan tugas dari pengurus kelas | Uraian | 19 | |||
di sekolah | F | Mempraktekkan tata cara pemilihan pengurus kelas | Pilihan ganda | 9 | ||||
F | Berperan dalam setiap pemilihan pengurus | Pilihan ganda | 10 | |||||
organisasi kesiswaan di sekolah | ||||||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
MENDENGARKAN | ||||||||
5.1 | Menanggapi cerita tentang | Peristiwa yang terjadi | F | Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah | Pilihan ganda | 2 | ||
peristiwa yang terjadi di | di sekolah | dengan runtut | ||||||
sekitar yang disampaikan | F | Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang | Pilihan ganda | 1 | ||||
secara lisan | logis dengan bahasa yang santun | |||||||
F | Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di | Uraian | 18 | |||||
lingkungan sekitar dengan runtut | ||||||||
F | Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang | Isian | 14 | |||||
logis dengan bahasa yang santun | ||||||||
5.2 | Mengidentifikasi unsur cerita | Cerita pendek anak | F | Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya | Pilihan ganda | 3 | ||
(tokoh, tema, latar, amanat) | F | Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau | Uraian | 17 | ||||
paragraf yang mendukung | ||||||||
F | Menentukan tema cerita | Isian | 12 | |||||
F | Menentukan amanat yang terkandung dalam cerita | Pilihan ganda | 8 | |||||
F | Memceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri | Pilihan ganda | 9 | |||||
BERBICARA | ||||||||
6.1 | Mengomentari persoalan | Persoalan faktual | F | Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan | Isian | 15 | ||
faktual disertai alasan yang | teman | |||||||
mendukung dengan | F | Menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman | Pilihan ganda | 6 | ||||
memperhatikan pilihan kata | sesuai dengan topik | |||||||
dan santun berbahasa | F | Memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang | Uraian | 16 | ||||
logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman | ||||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
6.2 | Memerankan tokoh drama | Drama pendek | F | Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas | Isian | 11 | ||
dengan lafal, intonasi, dan | F | Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, | Isian | 13 | ||||
ekspresi yang tepat | intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter | |||||||
tokoh | ||||||||
MEMBACA | ||||||||
7.1 | Membandingkan isi dua teks | Berbagai teks | F | Menjelaskan garis besar isi teks | Uraian | 19 | ||
yang dibaca dengan | F | Membandingkan isi antar teks dengan memberi alasan | Pilihan ganda | 4 | ||||
membaca sekilas | ||||||||
7.2 | Menemukan informasi | F | Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang | Pilihan ganda | 5 | |||
secara cepat dari berbagai | diperlukan atau diminta oleh guru atau teman | |||||||
teks khusus (buku-buku | F | Menjelaskan petunjuk telepon, jadwal perjalanan kereta api, | Uraian | 20 | ||||
petunjuk telepon, jadwal | susunan acara, daftar menu dalam bentuk narasi | |||||||
perjalanan, daftar susunan | ||||||||
acara, daftar menu, dll) yang | ||||||||
dilakukan melalui mmebaca | ||||||||
memindai | ||||||||
7.3 | Menyimpulkan isi cerita anak | F | menjelaskan isi cerita anak | Pilihan ganda | 10 | |||
dalam beberapa kalimat | F | Menyimpulkan isi cerita anak | Pilihan ganda | 7 | ||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Matematika | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
5.1 | Mengubah pecahan ke | Operasi hitung | F | Menentukan persentase sederhana dari kuantitas atau | Pilihan ganda | 1 | ||
bentuk persen dan desimal | pecahan | banyak barang tertentu | ||||||
serta sebaliknya | F | Menentukan kuantitas atau banyak jika banyak benda dan | Pilihan ganda | 2 | ||||
persentase diketahui | ||||||||
F | Mengubah pecahan biasa ke dalam persen dan desimal | Pilihan ganda | 3, 4 | |||||
F | Mengubah persen dan desimal ke dalam bentuk pecahan | Pilihan ganda | 5,6 | |||||
biasa yang paling sederhana | ||||||||
F | Membandingkan dua jenis pecahan yang berbeda dari | Pilihan ganda | 7,8 | |||||
(desimal, persen, biasa) atau sebaliknya | ||||||||
5.2 | Menjumlahkan dan | Operasi hitung | F | Melakukan operasi penjumlahan berbagai bentuk pecahan | Pilihan ganda | 9, 10 | ||
mengurangkan berbagai | pecahan | (pecahan biasa atau pecahan campuran) berpenyebut sama | ||||||
bentuk pecahan | F | Melakukan operasi pengurangan berbagai bentuk pecahan | Isian | 11 | ||||
(pecahan biasa atau pecahan campuran) berpenyebut sama | ||||||||
F | Melakukan operasi penjumlahanan berbagai bentuk pecahan | Isian | 12 | |||||
(pecahan biasa atau pecahan campuran) berpenyebut beda | ||||||||
F | Melakukan operasi pengurangan berbagai bentuk pecahan | Isian | 13 | |||||
(pecahan biasa atau pecahan campuran) berpenyebut beda | ||||||||
F | Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk | Isian | 14 | |||||
pecahan (pecahan biasa atau pecahan campuran) | Uraian | 19 | ||||||
yang berpenyebut sama | ||||||||
F | Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk | Isian | 15 | |||||
pecahan (pecahan biasa atau pecahan campuran) | ||||||||
yang berpenyebut beda | ||||||||
5.3 | Mengalikan dan membagi | F | Mengenalkan arti perkalian dan pembagian pecahan | Uraian | 18 | |||
berbagai bentuk pecahan | F | Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan | Uraian | 16 | ||||
F | Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan | Uraian | 17 | |||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
2.1 | Mendeskripsikan perjuangan | Perjuangan para | F | Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara | Pilihan ganda | 1 | ||
para tokoh pejuang pada | pejuang masa | ke dalam kekuasaan pemerintahan | Isian | 13 | ||||
masa penjajahan Belanda | penjajahan Belanda | F | Menjelaskan sistem keja paksa dan penarikan pajak yang | Pilihan ganda | 4 | |||
dan Jepang | dan Jepang | memberatkan rakyat | Isian | 11 | ||||
F | MencerItakan perjuangan para tokoh dalam upaya mengusir | Pilihan ganda | 2 | |||||
penjajah Belanda | Isian | 12 | ||||||
F | Menceritakan kedudukan Jepang di Inonesia | Pilihan ganda | 3 | |||||
Isian | 14 | |||||||
F | Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tena romusha | Pilihan ganda | 5 | |||||
oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia | Uraian | 16 | ||||||
F | Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan | Pilihan ganda | 6 | |||||
nasional | Isian | 15 | ||||||
F | Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di | Pilihan ganda | 7 | |||||
provinsinya | Uraian | 17 | ||||||
F | Menceritakan peristiwa sumpah pemuda | Pilihan ganda | 8 | |||||
Uraian | 18 | |||||||
F | Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah | Pilihan ganda | 9 | |||||
pemuda 28 Oktober 1928 | Uraian | 19 | ||||||
F | Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah | Pilihan ganda | 10 | |||||
pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia | Uraian | 20 | ||||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Ilmu Pengetahuan Alam | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
5.1 | Mendeskripsikan hubungan | Gaya gravitasi | F | Membaningkan kecepatan jatuh dua buah benda (yang | Isian | 13 | ||
antara gaya, gerak dan | berbeda berat, bentuk dan ukuran) dari ketinggian | |||||||
energi melalui percobaan | F | Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda | Pilihan ganda | 1 | ||||
(gaya gravitasi, gaya gesek, | bergerak ke bawah | |||||||
gaya magnet) | F | Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi | Uraian | 19 | ||||
Gaya gesek | F | Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda | Pilihan ganda | 2 | ||||
beda (kasar, halus) | ||||||||
F | Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar | Pilihan ganda | 3 | |||||
gaya gesekan | ||||||||
F | Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh | Uraian | 20 | |||||
gaya gesekan daalm kehidupan sehari-hari | ||||||||
Gaya magnet | F | Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan | Uraian | 16 | ||||
yang tidak magnetis | ||||||||
F | Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus | Pilihan ganda | 4 | |||||
beberapa benda melalui percobaan | ||||||||
F | Mengidentifikasi sifat kutub magnet melalui percobaan | Pilihan ganda | 5 | |||||
F | Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan | Isian | 12 | |||||
sehari-hari | ||||||||
F | Membuat magnet | Isian | 11 | |||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
5.2 | Menjelaskan pesawat | Pesawat sederhana | F | Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana, | Uraian | 17 | ||
sederhana yang dapat | misalnya pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda | |||||||
membuat pekerjaan lebih | F | Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai | Isian | 14 | ||||
mudah dan lebih cepat | pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda | |||||||
F | Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat | Pilihan gnda | 6 | |||||
sederhana | ||||||||
6.1 | Mendeskripsikan sifat- | Cahaya dan sifat- | F | Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai | Uraian | 18 | ||
sifat cahaya | sifatnya | benda (bening, berwarna dan gelap) | ||||||
F | Mengenali sifat bayangan pada cermin datar melalui | Pilihan ganda | 10 | |||||
percobaan sederhana | ||||||||
F | Mengenali sifat bayangan pada cermin cembung dan cekung | Pilihan ganda | 9 | |||||
melalui percobaan sederhana | ||||||||
F | Melakukan kegiatan untuk menunjukkan pembiasan cahaya | Pilihan ganda | 8 | |||||
F | Membuktikan adanya penguraian cahaya menggunakan | Isian | 15 | |||||
cakram warna | ||||||||
F | Melakukan kegiatan percobaan penguraian cahaya putih | Pilihan ganda | 7 | |||||
menjadi pelangi | ||||||||
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II | ||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ||||||||
Sekolah | : SD Negeri 01 Linggo | |||||||
Mata Pelajaran | : Tata Boga | |||||||
Kelas/Semester | : V / 2 | |||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Jenis Soal | No Soal | Keterangan | ||
4.1 | Menyebutkan jenis-jenis | Sayuran dan | F | Menyebutkan jenis sayuran kacang-kacangan | Pilihan ganda | 1 | ||
sayuran dan kandungan | kandungan gizinya | F | Mengidentifikasi jenis sayuran umbi | Pilihan ganda | 2 | |||
gizinya | F | Mengidentifikasi jenis sayuran yang tumbuh di dataran | Pilihan ganda | 3 | ||||
tinggi | ||||||||
F | Membuat daftar jenis sayuran dan kandungan gizinya | Pilihan ganda | 4 | |||||
Uraian | 20 | |||||||
4.2 | Membuat masakan sayur | Jenis sayuran | F | Mengidentifikasi masakan sayur tanpa kuah | Pilihan ganda | 6 | ||
tanpa kuah (misal: pecel, | tanpa kuah | F | Menyebutkan jenis-jenis masakan sayur tanpa kuah | Pilihan ganda | 5 | |||
urap, lalapan) | F | Mengelompokkan jenis-jenis sayuran sesuai dengan | Pilihan ganda | 7 | ||||
masakan yang dibuat | ||||||||
F | Membuat salah satu masakan sayur tanpa kuah | Isian | 14 | |||||
Uraian | 18 | |||||||
4.3 | Membuat masakan sayur | Masakan sayur | F | Mengidentifikasi jenis-jenis sayuran yang akan dimasak | Isian | 13 | ||
dengan kuah (misal: sayur | dengan kuah | F | Menjelaskan cara mengolah sayuran yang baik dan | Pilihan ganda | 9 | |||
bening, sayur asem, sayur | benar | |||||||
sop) | F | Mengidentifikasi resep masakan sayur dengan kuah | Isian | 15 | ||||
F | Menjelaskan cara memasak masakan sayur dengan kuah | Urian | 16 | |||||
5.1 | Mengidentifikasi jenis-jenis | Jenis-jenis minuman | F | Menjelaskan pengertian minuman | Isian | 12 | ||
minuman untuk keluarga | F | Menyebutkan jenis-jenis minuman untuk keluarga | Isian | 11 | ||||
F | Mengidentifikasi bahan pembuat minuman keluarga | Pilihan ganda | 8 | |||||
5.2 | Menjelaskan tata cara | F | Mengidentifikasi kandungan gizi yang terdapat dalam | Pilihan ganda | 10 | |||
membuat salah satu | bahan penyusun minuman yang dibuat | |||||||
minuman (jahe, susu, | F | Membuat daftar seluruh bahan minuman yang akan dibuat | Uraian | 19 | ||||
sekuteng) | F | Menjelaskan cara membuat minuman keluarga | Uraian | 17 | ||||
Sabtu, 01 Maret 2014
KISI-KISI UTS SEMESTER 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar