Jumat, 6 September 2013, kami kedatangan tamu bapak pengawas
SD yaitu bapak Rokhman, S. Pd. Selain mengadakan monitoring terhadap
administrasi semua dewan guru di SD Negeri 01 Linggo, bapak Rokhman juga
mengadakan supervisi terhadap jalannya pembelajaran yang dilakukan oleh salah
satu guru. Untuk kali ini bapak pengawas mensupervisi jalannya pembelajaran di
kelas V.
Untuk memperlancar jalannya supervisi wali kelas
mempersiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan antara lain, RPP, alat
peraga dan media yang diperlukan, daftar kelas, dan pendukung lainnya. Berikut
ini adalah lembar kerja siswa yang digunakan dalam kegiatan supervisi kali ini:
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata
pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : V / I
Materi : Cara Kerja Paru-paru
Hari/Tanggal :
Jumat, 6 September 2013
MEMBUAT MODEL
CARA KERJA PARU-PARU
A.
Tujuan
Mengetahui cara kerja paru-paru
menggunakan model
B.
Alat dan Bahan
1.
Botol
plastik
2.
Balon
karet
3.
Selang
kecil
4.
Plastisin
5.
Karet
gelang
6.
Cutter
C.
Cara Membuat Model
1.
Potonglah
botol plastik menjadi dua bagian.
2.
Potonglah
selang plastik dengan ukuran panjang 10 cm.
3.
Masukkan
selang plastik tersebut kesalah satu balon (balon A), ikat dengan karet gelang.
4.
Masukkan
selang plastik (hasil langkah nomor 4) kesumbat botol, kemudian masukkan ke
mulut botol tutup dengan plastisin agar udara tidak bisa masuk.
5.
Potonglah
balon kedua (balon B) pada bagian bawahnya dan pasang di bagian bawah botol
plastik.
6.
Sumbatlah
bagian atas pipa plastik saat memasang balon B, ikat dengan karet gelang.
D.
Cara Kerja
Paru-paru
1.
Pegang
botol dengan tangan kiri, tariklah balon B dengan tangan kananmu, apa yang
terjadi pada balon A ketikabalon B ditarik? Mengapa demikian?
2.
Lepaskan
tarikan pada balon B, amati yang terjadi pada balon A, apa yang terjadi pada
balon A ketika tarikan balon B dilepaskan? Mengapa demikian?
3.
Demonstrasikanlah
model dan cara kerja paru-paru tersebut di kelas! Sambil berdemonstrasikan, ceritakanlah
cara kerjanya!
E.
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar