Sabtu, 07 September 2013

PELAKSANAAN OPEN CLASS di SDN 01 LINGGOASRI

Jumat, 6 September 2013, kami kedatangan tamu bapak pengawas SD yaitu bapak Rokhman, S. Pd. Selain mengadakan monitoring terhadap administrasi semua dewan guru di SD Negeri 01 Linggo, bapak Rokhman juga mengadakan supervisi terhadap jalannya pembelajaran yang dilakukan oleh salah satu guru. Untuk kali ini bapak pengawas mensupervisi jalannya pembelajaran di kelas V. 
Untuk memperlancar jalannya supervisi wali kelas mempersiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan antara lain, RPP, alat peraga dan media yang diperlukan, daftar kelas, dan pendukung lainnya. Berikut ini adalah lembar kerja siswa yang digunakan dalam kegiatan supervisi kali ini:
LEMBAR KERJA SISWA

Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester            : V / I
Materi                          : Cara Kerja Paru-paru
Hari/Tanggal               : Jumat, 6 September 2013
 


MEMBUAT MODEL CARA KERJA PARU-PARU

A.           Tujuan
Mengetahui cara kerja paru-paru menggunakan model
B.            Alat dan Bahan
1.              Botol plastik
2.              Balon karet
3.              Selang kecil
4.              Plastisin
5.              Karet gelang
6.              Cutter
C.           Cara Membuat Model
1.              Potonglah botol plastik menjadi dua bagian.
2.              Potonglah selang plastik dengan ukuran panjang 10 cm.
3.              Masukkan selang plastik tersebut kesalah satu balon (balon A), ikat dengan karet gelang.
4.              Masukkan selang plastik (hasil langkah nomor 4) kesumbat botol, kemudian masukkan ke mulut botol tutup dengan plastisin agar udara tidak bisa masuk.
5.              Potonglah balon kedua (balon B) pada bagian bawahnya dan pasang di bagian bawah botol plastik.
6.              Sumbatlah bagian atas pipa plastik saat memasang balon B, ikat dengan karet gelang.

D.           Cara Kerja Paru-paru
1.              Pegang botol dengan tangan kiri, tariklah balon B dengan tangan kananmu, apa yang terjadi pada balon A ketikabalon B ditarik? Mengapa demikian?
2.              Lepaskan tarikan pada balon B, amati yang terjadi pada balon A, apa yang terjadi pada balon A ketika tarikan balon B dilepaskan? Mengapa demikian?
3.              Demonstrasikanlah model dan cara kerja paru-paru tersebut di kelas! Sambil berdemonstrasikan, ceritakanlah cara kerjanya!
E.            Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....................











Tidak ada komentar:

Posting Komentar