DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPT PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAJEN
SEKOLAH DASAR NEGERI
01 LINGGO
Alamat Jl. Linggoasri Kec. Kajen Kab. Pekalongan
ULANGAN TENGAH SEMESTER I SEKOLAH
DASAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan Hari/Tanggal : Senin, 7 Oktober 2013
Kelas/Semester : V / 1 Waktu :
09.30 – 11.00
I.
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d
di depan jawaban yang paling benar!
1.
Negara
Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk ....
A.
kerajaan
B.
presidensil
C.
republik
D.
parlemen
2.
Wilayah
perbatasan suatu negara arus dijaga agar ....
A.
penduduk
antar negar tidak saling berhubungan
B.
tidak terjadi
persengketaan antar negara
C.
tidak terjadi
penyelundupan barang-barang dagangan
D.
masyarakat
mematuhi aturan yang berlaku
3.
Secara
geografis wilayah Indonesia terletak diantara ....
A.
benua asia an
benua afrika
B.
dua benua dan
dua samudera
C.
dua benua
D.
dua samudera
4.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia adalah negara demokrasi, artinya ....
A.
rakyat yang
memegang kedaulatan dan kekuasaan
B.
pemerintah
yang memegang kedaulatan
C.
DPR yang
memegang kedaulatan
D.
Penguasa yang
memegang kedaulatan
5.
Kemerdekaan
Indonesia diraih berkat adanya ....
A.
penderitaan
selama dijajah
B.
dendam kepada
penjajah
C.
keprihatinan
yang tinggi
D.
persatuan dan
kesatuan
6.
Pada awal
kemerdekaan, wilayah NKRI meliputi ....
A.
8 provinsi
B.
9 provinsi
C.
10 provinsi
D.
11 provinsi
7.
Bangsa yang
besar adalah bangsa yang menghargai jasa para ....
A.
pemerintahnya
B.
presidennya
C.
penjajahnya
D.
pahlawannya
8.
Tatanan
kehidupan bangsa secara menyeluruh berpola pada nilai-nilai yang dimiliki dan
diyakini kebenarannya disebut kepribadian Indonesia. Kepribadian bangsa
Indonesia adalah ....
A.
UUD 1945
B.
GBHN
C.
Bhinneka Tunggal
Ika
D.
Pancasila
9.
Kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945 antara
lain ....
A.
memperoleh
pendidikan
B.
berkumpul dan
berserikat
C.
membela
bangsa dan negara
D.
memperoleh
perlindungan
10.
Pernyataan
yang benar tentang negara perstuan adalah ....
A.
berpusat pada
negara lain
B.
negara yang
merdeka dan berdaulat
C.
mempunyai dua
pemerintahan
D.
terdiri dari
beberapa pemerintahan daerah
11.
Sebab
terjadinya perkembangan jumlah provinsi di Indonesia adalah ....
A.
hasil sidang
MPR
B.
kepuutusan
presiden dan DPR
C.
tuntutan
pelayanan akan kebutuhan masyarakat
D.
tuntutan
masyarakat untuk memisahkan diri
12.
Wilayah
Indonesia bagian timur berbatasan dengan negara ....
A.
Papua Nugini
B.
Malaysia
C.
Australia
D.
Singapura
13.
Contoh
gangguan dari luar yang dapat menimbulkan perpecahan antara lain ....
A.
bersaing
dalam prestasi
B.
banyaknya
turis mancanegara
C.
pertandingan
olahraga antar bangsa
D.
adu domba
sesama bangsa
14.
Jika disuatu
negara sering terjadi pertengkaran antar warga, hal ini berarti ....
A.
ketahanan
masyarakat berkurang
B.
masyarakat
menyadari hak dan kewajibannya
C.
berwibawa dan
disegani negara lain
D.
rasa
kesetiakawanan menjadi kuat
15.
Keragaman
budaya bisa dijadikan sebagai ....
A.
pemisah antar
suku
B.
perekat
persatuan dan kesatuan
C.
penghalang
kemajuan
D.
pmicu
pertengkaran
16.
Perhatikan peta di
atas!
Yang bukan merupakan
pulau besar di Indonesia adalah ....
A.
Pulau jawa
B.
Pulau sumba
C.
Pulau sumatra
D.
Pulau
sulawesi
17.
Negara
Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini tercantum
dalam UUD 1945 pasal ....
A.
pasal 2 ayat
3
B.
pasal 2 ayat
2
C.
pasal 1 ayat
1
D.
pasal 1 ayat
2
18.
Berikut ini
merupakan negara yang tidak memiliki perbatasan laut dengan Indonesia adalah
....
A.
Malaysia
B.
Papua Nugini
C.
Singapura
D.
Amerika
Serikat
19.
Di bawah ini,
pulau yang merupakan bagian dari Indonesia adalah ....
A.
Pulau
britania
B.
Pulau
halmahera
C.
Pulau
mindanau
D.
Pulau
madagaskar
20.
Di bawah ini,
salah satu tindakan yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa adalah ....
A.
membanggakan
budaya daerahnya sendiri
B.
mempelajari
bahasa Inggris
C.
mempelajari
budaya asing
D.
belajar di
luar negeri
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang paling benar pada lembar jawab yang tersedia!
21.
Bhinneka
Tunggal Ika mempunyai arti ....
22.
Sumpah pemuda
diikrarkan pada tanggal ....
23.
Menjaga
persatuan dan kesatuan NKRI adalah tanggung jawab ....
24.
Kora Merauke
terletak di provinsi ....
25.
Cara menjaga
keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu
persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia adalahh proklamasi kemerdekaan yang
terjadi pada ....
26.
Cinta tanah
air dan bangsa dapat diwujudkan dalam tindakan ....
27.
Puncak
semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah proklamasi kemerdekaan
yang terjadi pada ....
28.
Salah satu
pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia yaitu ....
29.
Kerja bakti
membersihkan lingkungan adalah salah satu untuk mempererat persatuan dan
kesatuan di lingkungan ....
30.
Wilayah NKRI
sebelah utara berbatasan dengan ....
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan
benar pada lembar jawab yang tersedia!
31.
Sebutkan tiga
sikap yang diperlukan untuk menjaga keutuhan NKRI?
32.
Mengapa Indonesia
disebut sebagai negara maritim?
33.
Berilah 3
contoh perbuatan yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa?
34.
Sebutkan 3
contoh kegiatan yang dapat menggalang persatuan dan kesatuan di masyarakat?
35.
Sebutkan
batas-batas wilayah NKRI?
Kunci Jawaban
I.
Pilihan Ganda
1.
|
C
|
11.
|
C
|
2.
|
B
|
12.
|
A
|
3.
|
B
|
13.
|
D
|
4.
|
A
|
14.
|
A
|
5.
|
D
|
15.
|
B
|
6.
|
A
|
16.
|
B
|
7.
|
D
|
17.
|
C
|
8.
|
D
|
18.
|
D
|
9.
|
C
|
19.
|
C
|
10.
|
B
|
20.
|
A
|
II.
Isian
21.
Berbeda-beda
tetapi tetap satu
22.
28 Oktober
1928
23.
Seluruh warga
negara
24.
NAD
25.
Satu bahasa,
bahasa Indonesia
26.
Rela
berkorban, membina persatuan dan kesatuan, belajar yang rajin sebagai pelajar
(kebijakan guru)
27.
17 Agustus
1945
28.
G 30 S PKI,
GAM, PRRI (kebijakan guru)
29.
Masyarakat
30.
Malaysia,
Brunei Darussalam, Filipina (kebijakan guru)
III.
Uraian
31.
Cinta tanah
air, mmebna persatuan dan kesatuan, rela berkorban (kebijakan guru)
32.
Karena
perairan Indonesia lebih luas daripada daratannya
33.
Membanggakan
budaya daerahnya, mengutamakan kepentingan pribadi, membeda-bedakan suku dan
budaya (kebijakan guru)
34.
Kerja bakti,
gotong royong, membangun jalan kampung, (kebijakan guru)
35.
Sebelah utara : Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina
Sebelah barat :
Sebelah timur : Papua Nugini
Sebelah selatan : Timor Leste, Australia
Kriteria Penilaian
I.
Setiap jawaban benar diberi
skor 1 ↔ Skor maksimal, 20 x 1 = 20
II.
Setiap jawaban benar diberi
skor 2 ↔ Skor maksimal, 10 x 2 = 20
III.
Setiap jawaban benar diberi
skor 3 ↔ Skor maksimal, 5 x 3 = 15
Skor maksimal = 55
NA =
x 100
Linggoasri, 7 Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Kelas,
Wasiyo, S. Ag. Enawati
Dasa Saputri
NIP 19581111 197912 1
006 NIP
19800423 200701 2 007
KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Sekolah : SD Negeri 01 Linggo
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V / I
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Jenis Soal
|
No
Soal
|
Keterangan
|
1.1. Mendeskripsikan NKRI
|
Ø Pengertian NKRI
|
F Menjelaskan pengertian NKRI
|
Pilihan ganda
|
1
|
|
Ø Dasar hukum bentuk NKRI
|
F Menyebutkan dasar hukum NKRI
|
Pilihan
ganda
|
17
|
|
|
Ø Otonomi daerah dan hubungan
luar negeri
|
F Menjelaskan satuan daerah
otonom dalam NKRI
|
Pilihan
ganda
Isian
|
11
24
|
|
|
Ø Pemerintahan dan pemilihan
kepala negara
|
F Menjelaskan tentang hubungan
luar negeri yang dilakukan NKRI
|
Pilihan
ganda
|
13
|
|
|
F Menjelaskan fungsi pemilu dan
pengaruhnya terhadap NKRI
|
Pilihan
ganda
|
4
|
|
||
F Meneybutkan pembgian wilayah
NKRI pada awal kemerdekaan
|
Pilihan
ganda
|
6
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Ø Keberadaan NKRI
|
F Menunjukkan sisi utara NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI
|
Uraian
|
30
|
|
|
F Menunjukkan sisi timur NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI
|
Pilihan
ganda
|
12
|
|
||
F Menunjukkan sisi utara,
selatan, timur dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan
yang menjadi batas NKRI
|
Uraian
|
35
|
|
||
F Memahami tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI
|
Pilihan
ganda
|
2
|
|
||
F Menjelaskan fungsi wilayah
daratan NKRI
|
Pilihan
ganda
|
16
|
|
||
F Menjelaskan fungsi wilayah laut
NKRI
|
Pilihan
ganda
|
18
|
|
||
F Menyebutkan letak geografis
wilayah Indonesia
|
Pilihan
ganda
|
3
|
|
||
F Menyebutkan kepulauan yang
berada di wilayah NKRI
|
Pilihan
ganda
|
19
|
|
||
F Menjelaskan tentang pengertian
negara maritim
|
Uraian
|
32
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Jenis Soal
|
No
Soal
|
Keterangan
|
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan
NKRI
|
Ø Arti penting keutuhan NKRI
|
F Memahami arti penting keutuhan
NKRI
|
Pilihan
ganda
Isian
|
20
23
|
|
F Menjelaskan arti penting
kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
|
Pilihan
ganda
Pilihan
ganda
|
5
7
|
|
||
F Menyebutkan semboyan NKRI
|
Isian
|
21
|
|
||
F Mengidentifikasi perilaku cinta
tanah air dan bangsa
|
Isian
|
26
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Ø Fungsi ppancasila sebagai
perekat persatuan bangsa
|
F Mampu menjelaskan fungsi
Pancasila sebagai perekat persatuan dan kesatuan
|
Pilihan
ganda
|
8
|
|
|
F Menyebutkan tentang pentingnya
sumpah pemuda bagi bagsa Indonesia
|
Isian
Isian
|
22
25
|
|
||
F Menjelaskan arti proklamasi
bagi bangsa indonesia
|
Isian
|
27
|
|
||
F Menyebutkan pemberontakan yang
pernah terjadi di Indonesia
|
Isian
|
28
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Ø Makna kesatuan wilayah
Indonesia
|
F Mampu menjelaskan makna
kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik,
sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan)
|
Pilihan
ganda
|
10
|
|
|
F Menejlaskan tentang pentingnya
persatuan dan kesatuan antar wilayah Indonesia
|
Pilihan
ganda
Pilihan
ganda
|
14
15
|
|
||
F Menjelaskan tentang perbuatan
yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa
|
Uraian
|
33
|
|
||
|
|
|
|
|
|
1.3. Menunjukkan contoh-contoh
perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
|
Ø Contoh-contoh atau ilustrasi
perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI
|
F Memahami prinsip-prinsip sikap
memelihara keutuhan NKRI
|
Uraian
|
31
|
|
F Menjelaskan kewajiban sebagai
warga negara Indonesia
|
Pilihan
ganda
|
9
|
|
||
F Menjelaskan tentang persatuan
dan kesatuan di lingkungan masyarakat
|
Isian
Uraian
|
29
34
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar